Butch Cassidy dan Sundance Kid di usia 50: pesona mereka tetap hidup

Ini adalah bagian dari adegan menegangkan pada tahun 1969 yang menghancurkan Butch Cassidy dan Sundance Kid. Sheriff kota berusaha untuk mengumpulkan pagar betis untuk melacak Butch dan Sundance, para pemimpin Gang Lubang-Di-Dinding, yang telah merampok bank dan kereta dengan impunitas sedemikian rupa sehingga mereka menjadi malu bagi pengacara di seberang perbatasan. Tanpa diketahui siapa pun, penjahat selebritas ini menyaksikan adegan itu terungkap dari bertengger di seberang jalan, tempat mereka meniup barang rampasan mereka pada minuman keras dan pelacur, tetapi upaya rekrutmen sheriff pasti akan kandas tanpa peduli. Tidak ada selera untuk mengejar pasangan yang sulit ditangkap dan berbahaya yang tampaknya bermurah hati dalam menyebarkan barang rampasan curian mereka.
Namun demikian, ada waktu bagi seorang wiraniaga yang berani untuk membuat nada: “Kuda itu mati,” katanya. Masa depan adalah sepeda.

Urutan yang semua orang ingat dari Butch Cassidy dan Sundance Kid mengikuti tidak lama kemudian, ketika Paul Newman, sebagai Butch, mengayuh Etta Place Katherine Ross berkeliling dengan setang sepeda baru, dengan lagu pemenang Oscar yang ceria Raindrops Keep Fallin ‘on My Head bermain di latar belakang. Mungkin tidak akurat untuk menyebut film ini sebagai “barat revisionis” – istilah yang dicadangkan untuk penglihatan yang kurang komersil seperti The Shooting Hell, The McCabe & Mrs Miller karya Robert Altman, dan The Wild Bunch karya Sam Peckinpah, dirilis pada tahun yang sama – tetapi bahkan sebelum pahlawan kita bertemu dengan hujan peluru dalam kerangka pembekuan akhir, akhir zaman sudah dekat. Tidak heran Butch akhirnya melemparkan sepeda ke hutan di kemudian hari.
Butch Cassidy adalah sensasi box-office ketika ditayangkan perdana 50 tahun lalu, lebih dari dua kali lipat Midnight Cowboy dan Easy Rider, yang masing-masing meraup $ 44,8 juta dan $ 41,7 juta, dibandingkan dengan $ 102,3 juta yang sangat besar. Untuk perspektif, hanya enam film sejak telah menggandakan kompetisi sejak – tiga di antaranya film Star Wars (Star Wars, The Empire Strikes Back, dan Return of the Jedi); dua di antaranya film Steven Spielberg (Jaws dan ET); dan Titanic lainnya. Sangat penting untuk memahami film ini sebagai raksasa komersial, pertama dan terutama, karena sangat ingin sekali mengubah seekor kuda menjadi sepeda, mengkonfigurasi ulang tradisi yang tersembunyi di barat untuk penonton yang lebih hipper, dan lebih sadar diri.

Dalam naskah William Goldman dibumbui dengan baris yang mudah diingat, pertukaran pertama menentukan nada. Butch melihat-lihat bank di waktu tutup, mengobrol dengan penjaga keamanan saat ia mungkin meningkatkan pekerjaan berikutnya.

“Apa yang terjadi pada bank lama? Itu cantik.”

“Orang-orang terus merampoknya.”

“Itu harga kecil untuk membayar kecantikan.”
Segera, Goldman menetapkan Butch sebagai juru bicara karismatik untuk penulis skenario yang suka menyindir itu, kontras dengan Sundance Kid, penembak jitu Robert Redford yang tajam. Tapi dia juga menciptakan dua pahlawan yang memecahkan kebiasaan barat, baik topi putih yang mencari keadilan maupun grizzled, topi hitam mencibir, dan tidak maskulin secara tradisional seperti pihak mana pun. Butch adalah pria yang menghargai keindahan dan seni, tetapi tidak memiliki keinginan untuk melakukan kekerasan; tidak sampai larut dalam film bahwa kita (dan anak-anak) menemukan bahwa dia tidak pernah menembak seorang pria sebelumnya dan dia terlihat muak harus melakukannya. Dia adalah pencari kesenangan di atas segalanya: merampok bank dan kereta api adalah caranya untuk mencari nafkah yang mudah dan menikmati kebebasan berdosa apa pun yang diberikan oleh panggilannya kepadanya.
Penonton pada tahun 1969 terlalu senang untuk merangkul Butch Cassidy dan Sundance Kid yang ceria dan singkat setelah musim panas yang bergejolak, dan Goldman, sutradara George Roy Hill, dan dua bintang yang tampan membuat mereka merasa keren untuk melakukannya. True Grit telah tampil dengan baik di awal tahun sebagai kemunduran ke masa lalu genre, memberi John Wayne putaran kemenangan yang tepat, tetapi Butch Cassidy benar-benar modern, kendaraan pembuat bintang untuk Newman dan Redford yang mencerminkan kebutuhan genre untuk beralih halaman dan itu terasa sebanyak waktu seperti itu otentik untuk Wyoming pada akhir 1890-an. Dengan Ross di tengah-tengah segitiga cinta antara teman-teman, film ini berusaha membawa Jules dan Jim ke arus utama Amerika, mengambil pelajaran dari gelombang baru Prancis tentang cara menghidupkan kembali kerajinan lama Hollywood.

Itu masih bekerja dengan sangat baik. Ada alkimia naik turun produksi: Jack Lemmon, Steve McQueen, dan Warren Beatty semua lulus bermain Sundance Kid, dan tidak ada yang tampaknya mampu kepercayaan diri tenang bahwa Redford memiliki dalam peran, yang menemani begitu baik dengan Newman bahwa keduanya akan menjalankannya kembali dengan Hill beberapa tahun kemudian di The Sting. Coretan pop skor Burt Bacharach adalah tentang sejauh dari skor barat tradisional mungkin, tetapi entah bagaimana menyatu dengan sepia kemilau fotografi Conrad Hall, yang membakar legenda kedua pria ini sementara kisah mereka masih diceritakan. Dan sementara skenario Goldman menari di tepi glib, itu hidup dan canggih, dengan tema kuat tentang kekuatan kapitalis yang benar-benar menjinakkan Wild West.

Butch Cassidy dan Sundance Kid adalah waktu yang baik dan menggelikan sehingga perlu beberapa saat untuk memperhatikan tentang akhir dari baris untuk para pahlawannya, yang selebritinya sudah tersebar luas ketika film dibuka dan akhirnya mempercepat kematian mereka. “Masa Anda telah berakhir dan Anda akan mati berdarah,” memperingatkan seorang sheriff, secara profetis, dalam adegan awal, dan film ini kebanyakan tentang Butch dan Sundance diusir dari Amerika dengan senjata sewaan dan sekarat di tangan orang Bolivia. tentara. Mereka sebagian besar bersalah karena mencuri dari orang yang salah: EH Harriman, taipan kereta api, menghabiskan lebih banyak upaya untuk menangkap mereka daripada merampok dari brankasnya, tetapi ini adalah kesempatan bagi orang kuat untuk mengirim pesan tentang siapa yang benar-benar bertanggung jawab. Orang-orang seperti Butch dan Sundance dapat menangani lawmen lokal dan pose setengah hati, tetapi mereka tidak bisa melawan kemajuan. Para Harriman EH dunia akan memastikan hal itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *