Resep untuk biji nigella dan jeruk nipis, dan prem chutney

Ada beberapa bahan yang saya gunakan secara berulang untuk meningkatkan rasa. Mereka telah menjadi seperti teman lama yang dapat diandalkan: dari lemon hingga paprika asap, dapur saya tidak pernah tanpa mereka. Salah satu teman dapur yang kurang berpengalaman adalah biji nigella, atau kalonji. Rasa mereka cukup sulit untuk digambarkan – mungkin paling dekat dengan rasa bawang yang paling redup, tetapi dengan aroma rempah-rempah yang bersahaja.

Dal dan chutney ini memberi aroma biji nigella di tengah panggung, tetapi berani dan gunakan biji-bijian untuk membangkitkan hidangan sehari-hari yang sederhana juga, seperti telur goreng pada roti bakar, nasi atau feta panggang.
Biji nigella dan jeruk nipis (gambar utama di atas)

Saya sarankan merendam kacang dalam semalam, untuk membantu mengurangi waktu memasak dan membuatnya mudah dicerna. Jika Anda tidak bisa mengelola ini, beberapa jam akan berhasil.
Persiapan 15 mnt
Rendam Bermalam
Masak 1 jam
Untuk 4 porsi

100g lentil merah (terbelah)
100g chana dal (belah lentil kuning)
2 siung bawang putih, kupas dan cincang halus
1 potong jahe segar seukuran ibu jari, kupas dan cincang halus
1 cabai hijau, cincang halus (deseeded jika Anda suka)
1 bawang merah, kupas dan cincang halus
1 sdt biji jintan
1 sdt biji ketumbar
1 × 400ml santan
500ml kaldu sayur panas
1 umbi ketumbar segar, cincang kasar, tangkai dan semuanya
1 jeruk nipis, dijus
Untuk temper benih nigella
1 sdt biji mustard
2 sdm biji nigella
2 sdm ghee

Melayani
Yoghurt plain
Prem chutney (lihat resep di atas)
Chapatis / roti (opsional)
Nasi basmati merah (opsional)

Bilas lentil merah, lalu rendam dengan dal dalam air dingin, idealnya dalam semalam, atau selama yang Anda miliki – setidaknya dua jam.

Dalam panci besar, goreng bawang putih, jahe, cabai dan bawang merah dalam sedikit minyak selama 10 menit, sampai lunak dan manis. Tambahkan biji, dan masak selama beberapa menit untuk bersulang dan melepaskan rasa mereka.

Kuras lentil dan bilas lagi, lalu tambahkan ke dalam wajan dengan santan dan kaldu. Didihkan, lalu kecilkan api dan biarkan menggelembung selama 40 menit.

Selanjutnya, buat marah. Masukkan wajan kecil di atas api besar, goreng biji mustard dan nigella dalam ghee kecil selama dua menit, lalu tuang ke dal dan aduk.

Untuk menyelesaikannya, angkat dari api dan aduk setengah ketumbar cincang dan jus jeruk nipis. Tumpuk ke dalam mangkuk dan tutupi dengan yoghurt dan sesendok plum chutney. Sajikan dengan chapatis atau roti hangus – atau, jika Anda benar-benar lapar, beberapa nasi basmati cokelat juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *